Kutipan-kutipan prestasi dari berbagai sumber...

...sejarah tidak hanya tercipta di masa lalu...
...setiap masa selalu bisa tercipta sejarah....dan setiap masa selalu punya generasi masing-masing
...sebagai generasi masa kini, kita bisa belajar dari sejarah...agar kita tidak mengulang apa yg suram...
...dan sejarah yg cerah sbg modal melangkah ke sejarah-sejarah baru yg akan terciptakan....

Sumber :: ON THIS DAY - MEDIA INDONESIA

LEONHARD EULER :: lahir 15-04-1707

Leonhard Euler, seorang matematikawan besar abad ke-18, lahir di kota Basel, Swiss. Euler menuntut ilmu pada seorang ilmuwan matematika terkemuka bernama Jean Bernoulli. Pada 1731, ia berhasil meraih gelar profesor di bidang fisika dan matematika dari Akademi Sains St Petersburg. Sepanjang hidupnya Euler mempublikasikan lebih dari 800 buku dan kertas kerja. Karya Euler tentang analisis matematika berjudul Introduction in Analysis Infinitorum menjadi buku teks standar selama lebih dari satu abad. Notasi yg digunakan Euler seperti huruf e dan pangkat x, hingga kini masih terus digunakan dlm ilmu matematika. Rumus yg berhasil disusun Euler adalah cos(x) + sin(x)=e.

HENRY CAVENDISH :: lahir 15-04-1731

Henry Cavendish, seorang filsuf dan ilmuwan asal Inggris, lahir di kota Nice, Perancis. Ayahnya Lord Charles Cavendish juga seorang ilmuwan yg terkanal pada jamannya. Pada 1749, Henry Cavendish memasuki sebuah universitas di Cambridge, namun tidak menyelesaikan pendidikannya. Ia kemudian melakukan berbagai penelitian di bidang kimia. Pada 1781, Cavendish berhasil menemukan gas hidrogen dan oksigen bila dibakar bersamaan akan menghasilkan air dg berat yg sama sesuai dg berat kedua gas tersebut. Cavendish juga meneliti di bidang listrik yg ratusan tahun kemudian mengilhami Faraday dan Coulumb dg menghasilkan penemuan mereka.

GABRIEL FAURE :: lahir 12-05-1845

Gabrile Faure adalah seorang komposer ternama Perancis. Dunia musik sudah digelutinya sejak remaja. Berkat bakat dan ketekunannya, Faure dengan cepat menjadi salah seorang master di dunia musik. Diantara karya terkenal Faure ialah komposisi musik berjudul After a Dream, The Roses of Isfahan dan Moonlight. Faure meninggal dunia pada 1924.

MARTIN LUTHER :: lahir 13-05-1483

Martin Luther, seorang reformis agama Kristen, terlahir di dunia di Eisleben, Jerman. Luther menuntut ilmu di Universitas Erfurt kemudian bekerja sbg pengajar teologi. Martin Luther kemudian meneliti dan mengemukakan banyak pendapat yg berbeda dg pandangan umum gereja Katholik saat itu. Sejak 1517, Martin Luther menyampaikan kritikannya secara terang-terangan sehingga ia terpaksa bersembunyi krn dikejar-kejar pihak gereja untuk dibunuh. Selama persembunyiannya itu, Martin Luther menulis terjemahan Injil ke bahasa Jerman, sesuatu yg dilarang keras oleh gereja Katholik. Ide-ide Martin Luther kemudian berkembang menjadi aliran Protestan yg menjadi sumber dari berbagai perang dan pertarungan politik di Eropa.


Sumber :: URBAN SOSIALITA - KOMPAS

JACQUELINE MICHELLE SAMPOERNA ::

Panggilan Hidup Sang Putri... "Oke, kamu bisa menjadi seorang putri raja, dan tidak usah bekerja. Papa bisa mendukungmu. Atau kamu bisa pulang dan melakukan sesuatu di Tanah Airmu". Dan saya pikir, saya tdk mau menjadi putri raja.

Michelle adalah putri sulung Putera Sampoerna dan cicit dari Liem Teeng Tee pendiri perusahaan rokok Sampoerna, dan kalimat itulah yg mengubah hidup dia untuk selamanya. Beliau sempat tinggal di Singapura krn ketakutan akan kerusuhan Mei 1998. 1,5 tahun kemudian ayahnya meminta dia untuk pulang dan berbuat sesuatu bagi negeri ini, bagi rakyatnya. Itulah awal kepulangan Michelle ke Indonesia untuk merintis Sampoerna Foundation (1 Maret 2001 tgl resmi berdirinya), yg saat ini tercatat sbg perusahaan nirlaba terbesar yg didirikan oleh keluarga pengusaha untuk meningkatkan pendidikan.

Hingga Februari 2007 SF telah memberikan lebih dari 25.000 beasiswa mulai dari tingkat SD hingga S-2. SF juga membuka program perbaikan kualitas guru bernama Teacher Institute dan bekerja sama dg ITB membuka Sampoerna School of Business and Management (SBM-ITB). Melalui program United Schools Program (USP), SF telah mengadopsi 18 sekolah negri di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali untuk dijadikan sekolah yg lebih baik dari segi fisik bangunan, perlengkapan belajar mengajar, hingga kualitas guru dan kurikulum. Total bantuan dana yg disalurkan pada kuartal ke empat thn 2006 mencapai Rp. 43,6 miliar.

Untuk nama, Michelle lebih suka memakai kata Foundation sebab dia enggan memakai nama "yayasan" yg menurut dia memiliki konotasi buruk setelah jatuhnya ORBA dan terbukti saat masih memakai nama yayasan, pihaknya selalu menemui kesulitan saat hrs berhubungan dg pihak luar negri.

Dengan meniru model yayasan serupa di luar negri SF mulai menjalin kerja sama dg Departemen Pendidikan Nasional untuk memberikan beasiswa. "Kami bukan lembaga amal (charity). Saya tdk suka kata charity. Kami tdk menerima sumbangan dari orang-orang terus menyalurkannya, tetapi kamu bekerja membuat perubahan dg uang tersebut", ucapnya.

Para penerima beasiswa pendidikan tinggi SF dikirim ke sekolah-sekolah bisnis di dalam maupun luar negri untuk meraih gelar MBA. "Menurut Papa, negri ini membutuhkan lebih banyak entrepreneur. Butuh orang yg bisa memanage dan mengorganize orang lain", kata Michelle. Aset bersih SF sendiri per akhir 2006 telah mencapai Rp. 119,4 miliar, dg penyandang dana terbesar tetap ayahnya.

Diantara kesibukannya mengelola SF beliau tetap menyalurkan hobby-nya belajar dan ikut lomba dansa. Dansa waltz, tango dan foxtrot.